areadewasa
Love & Relationship
Kenapa Pria dan Wanita Berbeda?
Admin | 24 November 2012 11:00 wib
Perbedaan utama antara Pria dan Wanita adalah kromosom X dan Y. Pada manusia, dua kromosom X akan membentuk seorang Wanita, dan satu kromosom X dan satu kromosom Y akan membentuk Pria.

Bagaimanapun, ada ciri lain yang membedakan dari kromosom-kromosom ini. Beberapa diantaranya adalah ukuran, jumlah gen, dan bahkan pasangan kromosom yang abnormal. Pada beberapa spesies, beberapa hewan memiliki sistem jenis kelamin yang berbeda, karena mereka menggunakan kromosom Z dan W.

1.     Gen Aktif
Selain berbeda ukuran, kromosom X dan Y juga berbeda dalam hal jumlah gen yang aktif dalam kromosom. Kromosom X mengandung lebih dari 1000 gen aktif, sementara kromosom Y hanya mengandung kurang dari 100 gen aktif. Meskipun Pria memiliki kromosom X juga, efeknya akan berbeda ketika ada kromosom X lain yang hadir dibandingkan ketika yang hadir adalah kromosom Y. Dari gen aktif pada kromosom X, 200 sampai 300 dipengaruhi oleh jenis kelamin, jadi hanya sekitar 700 hingga 800 gen aktif yang sama dan aktif baik pada Pria maupun Wanita.

2.     Ukuran
Ukuran yang sebenarnya dari kromosom berbeda antara Pria dan Wanita. Beberapa pasangan kromosom pada Pria berukuran lebih besar dari pasangan kromosom pada Wanita ketika kromosom yang sama diteliti. Perbedaan ukuran kromosom ini bisa menjadi kunci untuk menjelaskan perbedaan antara kedua jenis kelamin yang tidak dijelaskan oleh kromosom X dan Y.

3.     Suhu
Pada beberapa spesies, seperti cicak, ngengat, burung dan cacing pipih, memiliki gen kelamin yag berbeda dari kromosom X dan Y, yaitu kromosom Z dan W. Genotip ZZ akan membentuk spesies jantan, dan genotip ZW membentuk spesies betina. Penentuan jenis kelamin pada beberapa spesies ini diatur oleh suhu. Suhu yang tinggi diketahui dapat mengatur jenis kelamin hewan. Contohnya, suhu pengeraman yang tinggi pada telur alligator akan mendorong terbentuknya spesies jantan, genotipe ZZ. Namun, pada cicak dan kura-kura, suhu pengeraman yang tinggi malah mendorong terbentuknya spesies betina, genotip ZW.

4.     Abnormalitas Jenis Kelamin
Ada beberapa sidrom yang menimbulkan keanehan pada diferensiasi jenis kelamin. Wanita dengan kromosom X tunggal disebabkan oleh adanya sindrom Turner, dan jika Wanita tersebut mampu bertahan hidup, dia akan mengalami pertumbuhan yang abnormal dan akan menjadi sangat kecil, dengan lipatan kulit yang berlebih pada lehernya. Sindrom Tripla X muncul pada Wanita dengan tambahan satu kromosom X. Wanita seperti ini disebut juga Wanita super dan umumnya menyerupai Wanita normal dengan dua kromosom. Pria yang memiliki dua kromosom X dan satu kromosom Y mengalami sindrom Klinefelter. Pria-pria ini cenderung menjadi sangat feminism dan bahkan bisa memiliki suara yang melengking.

Sindrom XYY terjadi ketika seorang Pria memiliki tambahan satu kromosom Y. Pria-pria ini dikenal sebagai Pria super dan umumnya memproduksi testosteron yang jauh lebih banyak dari Pria pada umumnya.
 
Nah ADers, sekarang Anda sudah tahu kenapa Pria dan Wanita Berbeda bukan?

Klik untuk Pasang Iklan Disini!
Pusat Pelangsing Herbal
Ingin Turun Berat Badan 3-5Kg/B;n - Tanpa OBAT, Tanpa DIET - Hanya Mengganti Sarapan - Ada Garansi 100% Berhasil Ask Me How..!!! Pin BB : 25A99D56 HP / WA : 08986265880
http://pic.twitter.com/SgZJ7WdBEY
Login untuk memberi komentar
There are 1 comment(s) for this Article

No photo
Amri Bidari
ya jelas beda dong antara pria dan wanita,
Senin, 09 September 2013 09:07:10 wib

Related articles